Palembang adalah salah satu bandar besar di Indonesia yang juga merupakan ibu negeri wilayah Sumatera Selatan. Bandar ini dahulu pernah menjadi pusat Kerajaan Sriwijaya. hingga sekarang masih dikeramatkan banyak orang dan dianggap sebagai bekas pusat kesucian di masa lalu.Bandar ini diserang beberapa kali oleh kekuatan asing, di mana kerosakan terparah terjadi saat penyerangan pasukan Jawa tahun 990 dan pencerobohan kerajaan Chola tahun 1025. Namun sekarang bandar ini tengah berbenah dan semakin mempercantik diri untuk menjadi sebuah bandar antarabangsa.Bandar ini diserang beberapa kali oleh kekuatan asing, di mana kerosakan terparah terjadi saat penyerangan pasukan Jawa tahun 990 dan pencerobohan kerajaan Chola tahun 1025. Namun sekarang bandar ini tengah berbenah dan semakin mempercantik diri untuk menjadi sebuah bandar antantarbangsa. Kota Palembang sendiri sampai saat ini menjadi pusat pelancongan air terindah yang berjuluk “Venice of the East”.Kota Palembang sendiri sampai saat ini menjadi pusat pelancongan air terindah yang berjuluk “Venice of the East”. Kota Palembang kini mempunyai masyarakat Cina yang besar.
Palembang tidak dikenal dengan wisata budaya dan wisata religi saja. Kota Palembang juga sangat terkenal dengan kelezatan makanan khasnya. Berikut berbagai macam makanan khas yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Palembang.

 pempek
1.pempek
Hampir semua orang pastinya sudah pernah mencoba pempek. Sajian ini terbuat dari daging ikan dan sagu, yang kemudian dimodifikasi dengan tambahan tahu, udang, telur dan lainnya. Dari bahannya, membayangkannya saja sudah luar biasa, apalagi saat mencobanya.
Tidak sedikit tempat makan pempek ternama di Palembang dan semuanya tergantung selera. Namun, salah satu yang paling terkenal dan melegenda adalah Pempek Pak Raden. Saking terkenalnya, sudah ada jaringan franchise di beberapa kota besar di Indonesia.

Tekwan
2.Tekwan
Mencicipi bakso di Palembang, mengapa tidak? Hanya saja, basko di Palembang memiliki nama yang sedikit berbeda. Warga lokal mengenalnya dengan tekwan. Selain itu ditaburkan seledri, bawang goreng, taburan daun bawang, bihun, maupun jamur kuping. Tekwan harus disajikan dalam keadaan hangat dan pedas. Tekwan sangat nikmat dan membuat pencicipnya biasa ketagihan.

model
3.Model
Model itu nama makanan lho, bukan model yang suka bergaya di depan kamera. Model ini mirip dengan tekwan lho, bahan dasarnya berupa daging ikan dan sagu. Kemudian dibentuk menyerupai pempek tahu dan dipotong kecil-kecil. Model ternyata ada 2 varian berbeda, yaitu model ikan dan model gandum. Kalau tadi, penyajian model menggunakan kuah dan juga soun, ternyata masih ada teman-temannya yang lain. Kamu dapat menjumpai udang, timun, jamur kuping, dan bawang goreng dalam seporsi model.

Celimpungan
4.Celimpungan
Walaupun memiliki nama yang berbeda-beda, ternyata makanan khas Palembang itu memiliki bentuk yang mirip atau menggunakan bahan dasar yang sama.
Celimpungan, kalau dilihat sekilas, bentuknya itu mirip seperti laksan. Bedanya cuma bentuknya saja, Untuk penyajiannya, celimpungan dihidangkan bersama kuah santan yang sudah dicampur kunyit, bawan putih, bawang merah, daun salam, garam, dan lada. Dengan banyakya bumbu yang digunakan untuk kuah santan, menyebabkan warna kuahnya menjadi kekuningan dan memiliki rasa yang nikmat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *