Pulau Bangka merupakan bagian dari Provinsi kepulauan Bangka Belitung. Pulau ini berada di sisi bagian timur dari pulau Sumatera, pulau ini juga menyimpan keindahan yang sangat luar biasa indahnya dan patut untuk di bangga kan sebagai bagian dari keindahan Pulau di Indonesia.

Tak sampai di situ saja, pulau ini juga memiliki keindahan yang masih asli tanpa campur tangan manusia bahkan masih jarang di kunjungi wisatawan. Jika kamu berkunjung ke pulau Bangka Belitung kamu mesti memasukkan beberapa destinasi ini kedalam daftar wisata kamu.

1. Danau Kaolin

Danau ini bisa kamu jumpai di desa Nibung, tepatnya di Kabupaten Bangka Selatan. Masyarakat setempat biasanya menyebut danau ini dengan sebutan danau Kaolin, tetapi ada juga yang menyebutnya dengan sebutan danau Camoi Aek Biru. Danau yang memiliki air yang jernih berwarna biru dengan bukit-bukit kecil dari pasir yang berada di sekitarnya merupakan bekas galian tambang yang sudah tidak di pakai.

2. Bekas Tambang Timah Aek Ketok

Di Kabupaten Bangka Barat, terdapat sebuah danau yang tercipta dari bekas tambang timah yang saat ini menjadi salah satu wisata yang populer. Danau ini hampir sama dengan Danau Kaolin, yang membedakannya adalah jika Danau Kaolin memiliki pasir yang berwarna putih maka Aek Ketok ini memiliki dinging pasir yang berwarna cokelat. Meski begitu, danau Aek Ketok juga tidak kalah cantiknya dari Danau Kaolin.

3. Pulau Putri

Pulau ini memang pantas jika dinamakan Pulau Putri, sebab Pulau ini memiliki keindahan yang luar biasa. Di pesisir Pulau ini juga terdapat berbagai bentuk batu granit besar yang indah. Pulau yang berada di Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka ini memiliki air laut yang masih jernih dan sapuan ombak yang tidak begitu kuat sehingga sangat cocok untuk bermain air di pantai tempat ini.

4. Rumah Pengasingan Soekarno

Tidak hanya pantai atau pulau saja yang menjadi tempat wisata jempolan Pulau Bangka Belitung, di Pulau Bangka juga ada satu wisata yang sangat kental dengan sejarah, salah satu wisata tersebut adalah Rumah Pengasingan Soekarno, rumah itu juga biasa di sebut Wisma Ranggam yang berdiri kokoh di Muntok, Kabupaten Bangka Barat.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *