Cuaca panas di Indonesia memang sangat cocok untuk menyantap makanan yang manis dan segar. Contohnya Rujak, makanan tradisional Indonesia ini terdiri dari campuran buah dan sayur segar yang kemudian di siram dengan bumbu atau kuah yang memberikan rasa pedas,asam, manis di lidah.

Berbicara mengenai rujak, di Indonesia terdapat berbagai jenis rujak yang bisa di nikmati. Bahkan kuliner tradisional Indonesia ini bukan hanya terdiri dari buah-buahan segar saja, namun juga ada rujak yang memiliki isian potongan daging di dalamnya. Berikut ini jenis-jenis rujak yang bisa kita coba di Indonesia.

1. Rujak Manis

Bengkuang, jambu, kedongdong, mangga, nanas, dan pepaya merupakan buah segar yang menjadi isian dalam rujak manis. Buah-buahan itu di potong kecil-kecil seukuran untuk satu kali lahap kemudian di sajikan bersamaan dengan bumbu rujak yang pedas dan nikmat.

Rujak Manis adalah salah satu rujak yang paling banyak di gemari. Selain proses pembuatannya yang mudah, rujak satu ini juga memiliki cita rasa pedas manis yang menggugah selera. Di beberapa daerah di Indonesia biasanya rujak ini di tambahkan buah-buahan lainnya seperti mentimun, belimbing, apel bahkan jeruk bali dan ubi jalar.

2. Rujak Bebeg

Rujak yang kedua adalah rujak khas Kota Cirebon. Rujak ini memiliki komposisi buah-buahan yang hampir sama dengan rujak manis, namun yang membuat rujak ini berbeda adalah penambahan buah lainnya yang menjadi ciri khas dari rujak bebeg ini, yaitu pisang batu atau mengkudu.

Proses pembuatan rujak bebeg juga hampir sama dengan rujak manis, namun buah yang di gunakan dalam pembuatan rujak bebeg akan di tumbuk kasar bersamaan dengan bumbu, kemudian di sajikan.

3. Rujak Cingur

Rujak cingur merupakan rujak yang berasal dari Surabaya, rujak ini memiliki isian yang cukup banyak, mulai dari buah-buahan, sayur-sayuran, tahu, tempe, dan juga lontong. Tak sampai situ saja, dalam rujak cingur juga memiliki satu isian yang menjadi bahan utama dalam kuliner satu ini, yaitu cingur.

Cingur adalah irisan daging bagian mulut dari sapi yang di rebus lalu di masukan kedalam sajian ini. Dalam satu porsi rujak cingur biasanya akan di sajikan dalam porsi yang besar sehingga membutuhkan lebih dari satu orang untuk menghabiskan nya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *