Mulut adalah bagian tubuh yang sangat penting karena merupakan alat kita untuk dapat berbicara, makan dan minum serta menerima oksigen dari luar selain dari hidung, karena peranannya cukup besar maka sudah sewajarnya bagi kita untuk tetap merawat kesehatan mulut kita agar bisa terhindari penyakit-penyakit umum yang hanya terjadi pada mulut saja.

Mulut yang terkena penyakit akan bisa mendatangkan rasa tidak nyaman, contohnya adalah ketika bibir sariawan maka pastinya kamu akan kesulitan untuk makan dan terkadang bibir kita bisa menjadi kering dan pecah-pecah sehingga sangat sakit dan sulit untuk menggerakan mulut kita dengan bebas daripada biasanya. Daripada tersiksa ketika penyakit mulut menyerang maka perhatikan tips berikut ini untuk merawat berbagai ancaman terhadap mulut kita, yuk simak langsung disini ya!

1. Luka dingin pada bagian bawah mulut

Biasanya gejala penyakit mulut yang satu ini adalah pada bagian bibir kamu di bawah akan terjadi melepuh atau bisa disebut luka dingin saja karena ini sangat umum terjadi dan tidak berbahaya tentunya. Luka dingin ini sering diakibatkan karena kamu melakukan kontak bibir seperti ciuman atau memakai barang yang sama dengan orang lain dan bersentuhan bibir secara tidak langsung, tips menyembuhkannya adalah cukup dengan menggunakan salep atau krim khusus saja.

2. Sariawan pada mulut

Siapa saja tidak akan asing lagi dengan penyakit mulut paling umum ini dan sampai sekarang belum bisa menemui hasil akurat kenapa sariawan dapat terjadi pada mulut kita, tetapi hanya tersedia hipotesis saat ini yaitu dikarenakan hipersensitivitas atau infeksi pada bagian yang terkena sariawan tersebut. Bentuk sariawan pada mulut kita biasanya adalah bagian luar akan melepuh dan biasanya hanya terjadi pada bagian dalam mulut di beberapa daerah seperti gusi, lidah dan pipi dalam.

Kamu tidak perlu panik meskipun sariawan butuh waktu lama untuk sembuh namun dengan beberapa krim dan salep dijamin sudah cukup membantu mempercepat proses sembuhnya mulut dari sariawan asalkan jangan sengaja disentuh atau mengkonsumsi makanan tidak baik.

3. Penyakit pada gusi

Gusi sudah termasuk bagian dalam mulut dan ada juga penyakit khusus untuk bagian gusi yaitu tahap pertama gingivitis akibat penumpukan plak pada garis gusi sehingga mengundang bakteri lalu menyebabkan dinding gusi merah dan bengkak bahkan sampai berdarah. Ini disebabkan oleh penderita yang jarang membersihkan mulutnya atau keseringan merokok dan tidak menjaga pola makannya dengan baik. Biasanya untuk menyembuhkan penyakit ini lebih cepat untuk ditangani langsung oleh dokter ahlinya agar diberikan resep obat dan cara merawat gusi dengan benar.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *